Jumat, 08 Oktober 2010

NEW SEASON


YOHANES 11:1-11
Berbicara tentang musim yang baru atau New season adalah sebuah sebuah era dimana terjadi transisi dari musim yang lama dan masuk dalam musim yang baru. Dan masuk dalam musim yang baru diperlukan wadah yang baru untuk menampung hasil di musim yang baru tersebut.  Kirbat  yang baru untuk mengisi anggur yang baru.
Berbicara tentang musim yang baru adalah kita bicara tentang  sebuah movement atau pergerakan, dimana semua orang yang masuk dalam musim yang baru tersebut  adalah orang orang yang ikut bergerak dan menggambil tanggung jawab dalam movement tersebut.
Berada di musim yang baru mengakibatkan kita melahirkan generasi baru, dimana gemerasi baru tersebut lebih baik dari generasi sebelumnya.
Bacaan kita pagi ini menceritakan tentang tiga bersaudara, Lasarus, Martha dan Maria mereka adalah orang-orang yang begitu dekat dengan Yesus sehingga segalah hal yang mereka alami selalu dikomunikasikan dengan Yesus. Ini tipikal manusia atau jemaat yang hidup di musim yang baru , mereka memebangun hubungan yang intim dengan Yesus.  Dan tiga pribadi ini menggambarkan tipikal orang yang hidup di musim yang baru. Maria mewakili karakter mereka  yang suka melayani,  Martha mewakili karakter mereka yang suka bekerja, dan Lazarus adalah gambaran dari mereka yang mengalami mujizat setiap hari.  Ketiga tiganya bersaudara artinya tidak dapat dipisahkan krn tugas yang berbeda.
Peristiwa Lazarus  sakit, mendorong Maria dan Martha mengirim kbar kepada Yesus agar
Peristiwa Lazarus  sakit, mendorong Maria dan Martha mengirim kbar kepada Yesus agar Yesus segera datang dan menolong Lazarus “ tolong saudara kami Lazarus!”. Kita lihat sebuah kebutuhan manusia  muncul disini yaitu kebutuhan untuk diperhatikan dan dikasihi.  Sehingga ada banyak orang yang mencoba mencari kasih dan perhatian dari tempat yang salah, padahal di musim yang baru ini setiap umat Tuhan harus mengerti 4 hal berikut , supaya ia tidak salah dalam mencari kasih dan perhatian :
1.       God with us (Allah beserta kita), Dia tikan perna meninggalkan kita! Dia Immanuel. Sekalipun berita kesakitan Lazarus merupakan hal yang penting dalam kehidupan keluarga Lazarus di Betania ini. Tetapi jawaban Yesus sangat mengagetkan kita “penyakit itu tidak akan membawa kematian,tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, …………… “ Ia sengaja tinggal 2 hari lagi ditempat dimana dimana dia berada…..”  kata “sengaja” mengandung pengertian membutuhkan respons. Respons adalah siakap hati dan iman untuk mempercayai b ahwa Yesus selalu beserta kita.
2.       God in us (Allah di dalam kita) jika Tuhan didalam kita kita tidak perlu takut, mau datang badai, mau datang pencobaan, tidak akan membuat kita mati tetapi akan menyatakan kemuliaan Tuhan. Karena itu di musim yang baru ini saudara Harus tau dan pastikan bahwa allah ada didalam kita.
3.       God for us (Allah untuk kita) ada banyak orang yang tidakmengerti bahwa Allah itu diperuntukan buat kita, sehingga  kita tidak memaksimaalkan kemampuan Tuhan yang ada untuk kita. Kita merasa lemah, task berdaya, dan selalu meminta pertolongan dan bantuan kepada orang lain atau hamba Tuhan. Padahal Allah ada untuk kita.
4.       God bless us ( Allah memberkati kita) ini hal yang di rindukan oleh kita semua bukan? Bahwa setiapa kita ingin di berkati, oleh Karen itu dimusim yang baru ini, kita musti mengerti bahwa Allah adaa untuk memberkati kita, jadi kita tidak perlu mencari berkat pada allah yang lain sebab itu adalah sebuah kutuk.
Dimusim yang baru ini kita diingatkan bahwa Allah beserta kita, Allah didalam kita, Allah untuk kita dan allah memberkati kita. Oleh karena itu masuk dalam musim yang baru dengana penuh keyaakinan bahwa ini musim yang luar biasa dimana Allah sungguh nyata dalam kita. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar